Servis besar VEGA R 2004

Pagi-pagi terdengar suara sepeda motor yang dibleyer-bleyer, (ku datangi asal suara itu), O... ternyata suara sepeda motor bapak ku yang sedang dibleyer-bleyer itu, (didalam hati, dibleyer-bleyer ki ngopo...??), bar ngomong-ngomong karo bapak ku jebule pit montor e rewel amergo wingi minggu digowo neng semarang PP, nek diitung yo sekitar 4 jam perjalanan, terus jarene bengsine yo boros karo ora bandel mlayune.

Setelah dipertimbangkan baik keadaan sepeda motor seng ra karuwan, waktu luwang seng ono, alat seng ono, skill gawe ndandani pit motor, dompet, etc. Saya putuskan untuk memperbaiki sepeda motor sendiri (pengalaman; untuk servis besar membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, itu pun sehari tidak full).
Selak ra sabar langsung wae menuju ke TKP.

Hasil identifikasi :
Kompresi bocor ditandai dengan berkurangnya tenaga pembalik sehingga walaupun rpm mesin tinggi lama-lama mesin mati.
Kebocoran kompresi bisa melalui sela-sela katup, sambungan antara silinder head dan blok silinder, maupun sela-sela piston/ring piston dengan dinding blok silinder.
Akselerasi tidak stabil saat gas diputar penuh, kadang rpm nya tinggi tapi tiba-tiba turun (naik-turun), bisa diakibatkan dari karburator yang kotor maupun settingan nya yang kurang pas.
Motor stater lemah akibat brush(sikat) sudah terkikis habis sehingga arus tidak bisa mengalir secara optimal.

Modal :
Skill,
e-book servis manual Vega R New (secara teknis sama dengan Vega R lama) bisa lihat disini
Kunci kombinasi ring dan pas satu set,
Kunci T 8,
Kunci busi,
Obeng,
Cutter,
Tang,
Kuwas,
Amplas halus,
Kain pel/Gombal,
Uang logam Rp.500,
Solder,
Tool set,
Lem castol,
Suku cadang yamaha genuine part (perpak plat,O ring, perpak kertas, Brush motor starter)
Bensin,
Oli.

Dokumentasi :

Piston, ring piston

Dudukan brush(sikat), armatur, magnet stater

Brush(sikat) baru

Armatur, magnet stater
Blok mesin

Blok silinder (dari depan)

Blok silinder (dari belakang)

Kepala silinder

Pegas katup, roker arm, baut penyetel

Timing gear, pipa inlet, batang penekan

Karburator

Tool set

Perpak kertas

Perpak plat

Mesin setelah dirakit kembali

Hasil :
Setelah semuanya dirakit kemudian dilakukan pengecekan dan penyetelan sana-sini sesuai standar ,sepeda motor siap untuk di uji coba/tes drive dan hasilnya cukup memuaskan, seperti menggunakan mesin baru walaupun umurnya hampir 10 tahun, akselerasi diputaran rendah maupun diputaran tinggi cukup stabil dan bertenaga.

Good Job...

Comments

Popular posts from this blog

Proses dalam Sistem Operasi

TA BasisData 2

Ubuntu "Oneiric Ocelot"