Kasus : San Juan Sailtboat Charters

San Juan Sailtboat Charters adalah suatu agen yang menyewakan perahu layar ke para pelanggan dengan layanan tertentu. San Juan tidak memliki perahu layar itu; ia menyewakan perahu-perahu itu atas nama pemilik yang ingin meraih pendapatan ketika mereka sedang tidak menggunakan perahunya. San Juan membebani fee untuk jasanya. San Juan mengkhususkan pada perahu-perahu yang dapat disewa selama beberapa hari atau secara mingguan – perahu layar paling kecil yang ada dalam persediaannya adalah berukuran 28 kaki dam yang paling besar adalah 51 kaki.

Setiap perahu layar akan dilengkapi secara penuh pada saat perahu tersebut disewa. Sebagian besar peralatan disediakan oleh pemiliknya, tetapi beberapa ditambahkan sendiri oleh San Juan. Peralatan yang disediakan oleh pemilik termasuk yang sudah terpasang pada perahu, seperti radio, kompas, penunjuk kedalaman dan instrumentasi lainnya, oven dan pendingin. Peralatan lain yang disediakan oleh pemilik tidak dipasang sebagai bagian dari perahu. Peralatan seperti itu termasuk layar; tiang; jangkar; sampan kecil; alat keselamatan; dan (di dalam kabin) mangkuk, peralatan perak, perkakas memasak, tempat tidur dan sejenisnya. San Juan menyediakan peralatan (yang dapat juga dipertimbangkan sebagai perlengkapan) seperti peta, buku navigasi, daftar pasang surut dan ombak, sabun, lap piring, kertas toilet dan item-item serupa.

Bagian dari tanggung jawab San Juan yang penting adalah memantau peralatan-peralatan yang ada pada perahu. Kebanyakan dari barang itu cukup mahal, dan beberapa diantaranya, khususnya yang tidak dipasang pada perahu, mudah hilang atau dicuri. Para pelanggan bertanggung jawab untuk menjaga seluruh peralatan itu selama masa penyewaan. San Juan suka menyimpan catatan-catatan yang akurat mengenai pelanggan dan penyewaannya, tidak hanya untuk pemasaran tetapi juga untuk mencatat perjalanan yang telah dijalani pelanggan. Beberapa rencana perjalanan dan kondisi cuaca lebih berbahaya dari pada yang lainnya, sehingga San Juan ingin mengetahui pelanggan mana yang mempunyai pengalaman tertentu.

Sebagian besar bisnis San Juan adalah menyewakan perahu kosong, yang berarti tidak ada nahkodanya atau awak kapal lain yang disediakan. Akan tetapi, pada beberapa kasus pelanggan meminta jasa seorang nahkoda atau awak kapal lainnya, sehingga San Juan menyewa personel seperti itu atas dasar paruh waktu.

Perahu layar harus terus dirawat. San Juan diharuskan oleh kontrak dengan pemilik perahu untuk menyimpan catatan yang akurat tentang seluruh aktivitas dan biaya-biaya pemeliharaan, termasuk aktivitas normal (sebagai contoh, pembersihan atau penggantian oli mesin) dan perbaikan yang tidak terjadwal. Pada beberapa kasus, perbaikan diperlukan selama penyewaan. Mesin perahu, misalnya, mungkin rusak sewaktu perahunya jauh dari fasilitas San Juan. Dalam kasus tersebut, pelanggan memanggil petugas San Juan, yang akan menentukan fasilitas terbaik dalam melakukan perbaikkan dan mengirim personilnya ke perahu yang rusak. Untuk membuat keputusan seperti itu, petugas memerlukan informasi mengenai fasilitas-fasilitas perbaikan serta sejarah masa lalu dari kualitas perbaikan dan ongkosnya.
Anggaplah bahwa San Juan telah menyewa Anda untuk menangani proyek tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, Anda memutuskan untuk membuat suatu model data.

Tugas Anda :
1. Buatlah perancangan basis data awal dari kasus tersebut.
2. Buatlah ERD dari basis data awal yang telah Anda buat.
3. Uji basis data yang telah Anda buat dengan menggunakan teknik normalisasi sampai dengan normal ke 3.
4. Implementasikan hasil rancangan basis data Anda dalam sebuah program aplikasi sederhana.


“ Selamat Mengerjakan, Semoga Sukses “

Comments

Popular posts from this blog

Proses dalam Sistem Operasi

TA BasisData 2

Ubuntu "Oneiric Ocelot"